Bahan Dasar – Bawang Merah: Aroma Pembangkit Selera Makan

Mohon maaf untuk temen-temen karena telat posting sharing tentang pengetahuan dapur yang harusnya hari jumat karena FatChef lagi persiapan untuk berangkat tugas keluar kota. Mohon maaf dan tolong dimaklumi ya temen-temen.

Kali ini masih berkaitan dengan bahan dasar. Gak jauh dari yang kemarin, bahan dasar kali ini adalah kakak tiri dari bahan dasar kemarin (Bawang Putih)  yaitu Bawang Merah (ingat cerita rakyat Bawang Merah Bawang Putih).

Bawang Merah atau dalam bahasa inggris disebut dengan Shallot adalah salah satu bumbu yang banyak dipakai diberbagai masakan di dunia. Hampir mirip dengan bawang bombay, memliki lapisan-lapisan tetapi berbeda dalam ukuran dan warna serta karakteristik aromanya. Bawang merah memiliki aroma yang cukup menonjol tetapi tidak terlalu menonjol dibandingkan bawang bombay dan bawang putih. Bahan dasar yang satu ini banyak tumbuh di daerah Asia Tengah dan Asia Tenggara.

Bawang Merah - Shallot
Bawang Merah – Shallot
Bawang Merah
Bawang Merah

Bawang merah seperti halnya bawang putih juga bisa dijadikan sebagai bumbu masakan dan juga sebagai bahan utama masakan itu sendiri. Cara pengolahannya bermacam-macam, bisa digoreng, ditumis, diasamkan, dicampur dengan bahan masakan, dan lainnya.

Bawang merah ketika dijadikan bumbu masakan memiliki tugas untuk menambah aroma dan memperkuat rasa. Kalo menurut FatChef, bawang merah bisa memberikan suatu aroma dan rasa yang bisa membangkitkan selera makan.

Bawang merah juga bisa sebagai bahan utama masakan yaitu menjadi bawang goreng dan acar bawang. Keduanya adalah kesukaan saya, bawang goreng adalah bawang merah yang dipotong tipis lalj digoreng dengan minyak banyak. Biasa menjadi taburan dimasakan. Sedangkan acar bawang merah adalah bawang merah yang dikupas bersih lalu direndam campuran air cuka, gula, dan garam (kalau tidak salah karena sudah lama tidak bikin) selama beberapa jam.

Bawang Goreng
Bawang Goreng
Acar Bawang Merah
Acar Bawang Merah

Nah saat mengolah bawang merah terutama saat mengupas dan saat mengiris bawang merah harus hati-hati ya karena bisa membuat mata berlinang air mata. Tetapi jangan jadi takut karena hal itu, karena disitu adalah sensasi dan seninya dalam mengolah si kecil merah ini.

Irisan Bawang Merah
Irisan Bawang Merah
Bawang Merah yang Diiris Tipis
Bawang Merah yang Diiris Tipis

Kalau kamu suka masak boleh nih dicoba masak menggunakan bumbu bawang merah sebagai contoh tumis kangkung menggunakan bawang putih dan bawang merah serta cabai sebagai bumbu untuk aromanya, akan timbul aroma dan rasa yang baru dari tumis kangkung yang biasanya hanya meggunakan bawang putih dan cabai saja.

Dari pada makin bingung sharingnya sampe disini dulu aja ya. Maaf untuk yang kali ini telat postingnya karena FatChef lagi persiapan dari kemarin untuk tugas keluar kota.

Untuk temen-temen pesannya supaya jangan takut untuk mencoba hal baru apalagi tentang makanan! Baca, kepo, cobain sendiri!

FatChef

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s