[MIC] Chef Ragil: Kesederhanaan yang Menginspirasi

Akhirnya sharing pertamax di segment baru FatChefStory, MIC! Buat yang belum tau segment MIC itu apa bisa kesini dulu. Semoga sharing di segment ini bisa bermanfaat buat temen-temen yang baca ya.

Di sharing pertamax ini saya mau sharing chef yang menjadi inspirasi pertama saya saat saya kecil. Hampir setiap orang atau setiap anak kecil pasti punya sumber inspirasi mungkin itu dari dalam keluarga dan bisa juga dari luar. Karena di dalam keluarga saya gak ada yang berprofesi sebagai chef (setau saya) jadi chef yang menjadi inspirasi saya dulu dari luar dan chef itu adalah Chef Ragil. Pastinya Chef Ragil gak kenal saya dan saya cuma tau beliau cuma dari media, karena Chef Ragil itu salah satu celebrity chef di Indonesia yang cukup banyak dikenal dan muncul di media.

134180_large
Chef Ragil – Source: http://foto.okezone.com/view/2015/10/05/5/21483/food-explorer-siswa-smkn-1-kudus

Chef Ragil bernama lengkap Ragil Imam Wibowo. Chef dengan tubuh yang tambun (seperti saya hehehe…) ini lahir pada 14 July 1972. Doyan makan dari kecil yang membuat Chef Ragil dekat dengan dunia masak. Pernah mengenyam pendidikan di STIP Bandung atau National Hotel Institute (NHI) dan lulus pada tahun 1993. Setelah lulus beliau bekerja di California Café, Hotel Millennium yang dulu dikenal sebagai Equatorial Hotel sebagai comis chef dan kemudian mengikuti training di Swensen Restaurant Singapura selama 6 bulan.

24-ragil
Chef Ragil – Source: https://jasaboga.wordpress.com/figure/

Kemudian karir Chef Ragil dimulai saat dirinya bekerja di Grand Hyatt Hotel Jakarta pada tahun 1995 selama 8 tahun. Karirnya pun dimulai dari comis chef kemudian merangkak naik menjadi demi chef, chef the partie, sous chef, hingga tahun 2001 ia dipercaya menjadi chef the cuisine di C’s Steak and Seafood, Grand Hyatt Hotel Jakarta.

chef-ragil131019c
Chef Ragil – Source: http://www.liputan6.com/tag/chef-ragil

Berbagai penghargaan di bidang kuliner diraih oleh Chef Ragil dan juga penampilannya di layar televisi tidak jarang lagi. Selain itu, Chef Ragil juga memiliki beberapa restoran yang tersebar di Jakarta dan Jogja yaitu Mahimahi, Warung Pasta, Asahi, dan Dixie easy dining.

Melihat karir Chef Ragil yang berprestasi ini membuat saya semakin terinspirasi dari beliau. Awalnya sih sebenernya yang menginspirasi saya adalah bahwa secara fisik saya dan Chef Ragil sama terus lihat gaya masaknya Chef Ragil yang santai itu juga bikin saya terinspirasi, dalam pikiran saya “kok keren ya kalo bisa jadi chef kayak Chef Ragil.” Semakin kesini semakin saya tahu kalo Chef Ragil juga punya usaha kuliner yang banyak dan cukup terkenal. Hal itu yang bikin saya makin terinspirasi dari beliau.

Walaupun mungkin jalur yang saya pilih tidak sama persis dengan apa yang dilakukan Chef Ragil, tetapi saya akan tetap berusaha belajar dan bekerja agar bisa menjadi chef seperti beliau dan memiliki restoran sendiri.

Semoga temen-temen juga bisa menemukan inspirasinya dan tetap terus mengejar mimpinya.

Jangan takut untuk mencoba hal baru apalagi kalo itu soal makanan!

FatChef

 

Sumber: 
http://m.ceritamu.com/info/chef/chef-ragil/biografi
http://food.detik.com/read/2008/09/03/111706/999455/549/chef-ragil-ingin-menggali-potensi-kuliner-indonesia

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s