[GILAS] Bakso & Soto Sami Asih – Purwokerto: Menikmati Legenda Soto Sokaraja

Mohon maaf temen-temen baru bisa nulis lagi nih di blog karena kemarin ada beberapa masalah yang harus diselesain dulu jadi blog ini terlambat update. Mohon maafkan saya…

FatChef berangkat GILAS lagi nih. Kota kali ini adalah Purwokerto. Salah satu kota yang tenang di Provinsi Jawa Tengah. Kota ini bener-bener kota yang tenang cocok banget buat temen-temen yang butuh waktu tenang dan tempat-tempat yang tenang. Walaupun begitu kuliner Purwokerto juga gak kalah okenya nih dari daerah lain terutama untuk yang doyan taste makanan jawa yang katanya idientik dengan rasa manis yang dominan.

Perjalanan GILAS kali ini dari Jakarta ke Purwokerto menggunakan kereta memakan waktu +/- 5 jam. Mendarat di Purwokerto langsung di jemput dan langsung meluncur ke kantor untuk lanjut kerja sebentar. Pulang kerja langsung meluncur ke Bakso & Soto Sokaraja Sami Asih 2. Ya, saya ke cabang dari Bakso & Soto Sokaraja Sami Asih yang melegenda yang pusatnya ada di Jl Pramuka.

Untuk Bakso & Soto Sokaraja Sami Asih 2 ini tempatnya cukup besar karena sudah bertempat di ruko tidak seperti pusatnya yang tempatnya kecil dan berupa rumah tua yang memang sengaja tetap dipertahankan sang pemilik agar tetap menjaga kesan tradisional dan legendanya. Tempatnya Sami Asih 2 cukup bersih dan nyaman.

Pelayanannya juga lumayan. Menggunakan cara pelayanan tradisional dengan kita order langsung di depan sebelum duduk. Walaupun begitu, pelayanannya tetap sabar dalam menanggapi pertanyaan pelanggan. Gak seperti kebanyakan tempat tradisional lain yang rata-rata jika kita bertanya akan menjawab dengan ketus atau jutek bahkan kadang gak mau jawab pertanyaan kita. Untuk di Sami Asih 2 ini pelayannya sabar dan menjawab semua pertanyaan dengan baik dan cukup ramah.

Menu yang ditawarkan ada beberapa seperti Soto Ayam, Bakso & Soto Ayam, Soto Daging, dan Bakso & Soto Daging. Disitu saya pilih memesan Bakso & Soto Ayam sama Bakso & Soto Daging (Kunjungan kedua). Ya, saya sempet 2 kali makan disini.

Penyajiannya termasuk cepat. Dengan tampilan sajian sederhana seperti biasanya di warung-warung makan tradisional Indonesia bisa langsung menambah nafsu makan, ditambah lagi perut yang udah keroncongan minta makan.

IMG_20160315_183038_1465791279618
Bakso & Soto Ayam – Bakso & Soto Sami Asih 2 – Purwokerto

Aroma dari kuah sotonya cukup kuat dan bikin pengen langsung ngelahap semuanya. Oh iya satu hal yang beda dari Soto di Purwokerto atau biasa disebut Soto Sokaraja yaitu adanya bumbu kacang (bumbu kacang seperti ketoprak atau gado-gado) yang dimasukin ke dalam sotonya. Walaupun terdengar aneh, tapi ini bener-bener bikin rasanya jadi beda dan unik serta juga enak karena kacangnya bikin ada tambahan tekstur dan rasa gurih dari si soto bertambah.

IMG_20160321_121919_1465791384010
Bakso & Soto Daging – Bakso & Soto Sami Asih 2 – Purwokerto

Rasa dari Soto Sami Asih ini menurut saya sih enak dan diterima lidah saya yang dominan menyukai rasa asin, asam dan pedas ini (dominan ya, bukan berarti menolak sama sekali dengan rasa makanan yang manis). Rasa kuahnya gurih, ditambah dengan campuran bumbu kacang yang bikin makin nyooss… Untuk daging dan baksonya sih oke ya sedikit diatas standar, karena pada dasarnya untuk menikmati soto ini yang paling penting adalah rasa dari kuahnya dan soal daging dan baksonya masih bisa di toleransikan. Nah, untuk menikmati soto ini kita gak pake nasi melainkan lontong jadi langsung aja tuh di satu mangkok udah lengkap semuanya tinggal disikat aja.

IMG_20160315_182734_1465791312615
Bakso & Soto Sami Asih 2 – Purwokerto
IMG_20160315_183044_1465791249239
Bakso & Soto Sami Asih 2 – Purwokerto

Overall untuk Bakso & Soto Sami Asih 2 ini bagi saya jadi salah satu kuliner rekomendasi yang mesti dicoba kalo lagi main ke Purwokerto karena selain ini adalah kuliner khas, rasanya juga enak dan juga harga bersahabat dengan kantong. Jadi gak ada salahnya kalo yang lagi di Purwokerto untuk nyobain makan disini.

Karena gak perlu takut untuk mencoba hal baru apalagi kalo itu soal makanan!

Bakso & Soto Sami Asih 2 – Purwokerto: RECOMMENDED!!! 

Info:
Bakso & Soto Sami Asih 2
Jl. DI. Panjaitan Purwokerto
Operasional: 11:00 – 19:00
Harga: ± Rp 25.000 per orang
Menu:
– Soto Daging
– Bakso & Soto Daging
– Soto Ayam
– Bakso & Soto Ayam
– Soto Daging Spesial
– Dll

Rating:
– Place: 7.0 out of 10.0
– Service: 7.0 out of 10.0
– Ambience: 7.0 out of 10.0
– Taste: 8.0 out of 10.0

FatChef

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s